9 Tip Jitu Agar Anak Mau Belajar Rajin Tanpa Paksaan




Ilustrasi anak yang sedang belajar di rumah. Kadangkala, anak butuh pengertian bahwa di rumah saja bukan bersantai (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi anak yang sedang belajar di rumah. Kadangkala, anak butuh pengertian bahwa di rumah saja bukan bersantai (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com – Anak memang identik dengan bermain. Anak tidak akan merasa bosan bermain meskipun telah berjam-jam bermain. Perubahan dari masa bermain ke masa sekolah ini kadang menimbulkan permasalahan tersendiri. Apalagi anak yang belum memahami bahwa belajar merupakan tugasnya saat telah menjadi pelajar di suatu sekolah.

Orang tua juga harus menyadari pada masa awal mengenal sekolah, nasihat guru lebih didengar oleh anak daripada nasihat orang tua. Selain bekerja sama dengan guru di sekolah, diperlukan tip jitu agar anak mau belajar di rumah tanpa paksaan. Orang tua harus paham tip dan trik ini.

BACA JUGA:

Inilah 9 tip jitu agar anak mau belajar tanpa paksaan di rumah.

Memberi hadiah dan pujian

Memberi hadiah dan pujian terhadap prestasi yang dibuat anak akan merangsangnya untuk makin rajin belajar dan membuat prestasi yang lebih baik lagi. Hadiah yang dimaksud tidak harus mahal dan mewah.

Belajar yang menyenangkan

Berikan ruangan belajar khusus untuk anak dan ciptakan suasana yang menyenangkan pada saat jam belajar. Hal ini akan membuat anak betah belajar.

Dorong anak untuk bertanya dan aktif

Bagi anak, mendengarkan saja akan membuatnya bosan. Untuk itu dorong anak untuk berani bertanya dan aktif saat belajar.

Bangun kebiasaan membaca

Membaca ini dapat dibangun menjadi sebuah kebiasaan sejak kecil. Tidak harus membaca buku pelajaran, buku cerita pun dapat dijadikan bahan bacaan untuk anak. Yang pasti anak rutin dengan kebiasaan ini sejak usia ini.

Berada di sampingnya saat belajar

Dengan berada di dekat anak saat anak belajar, orang tua dapat mengetahui kesulitan yang dihadapi anak dan mencari solusi bersama anak.

Buat jadwal belajar yang teratur

Jadwal belajar yang teratur dapat membuat anak lebih fokus terhadap waktu-waktu belajarnya. Agar anak tidak bosan, dapat juga dibuat jadwal bermain setelah belajar.

Ikuti gaya belajarnya

Gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Demikian juga dengan anak. Kenali dan pahami lalu kembangkan gaya belajar anak ini agar hasilnya optimal.

Dengarkan opininya saat belajar

Dengarkan dan hormati opini anak. Hal ini dapat menjadi sebuah celah untuk dapat memberikan bimbingan bila ia salah dalam opininya. Dengan didengarkan, anak dapat merasa percaya dirinya meningkat sehingga rasa malas belajar dapat dieliminasi.

Tanamkan sikap disiplin

Meskipun belajar harus menyenangkan, bukan berarti orang tua dapat lembek dan tidak tegas pada anak. Bersikap tegas ini bukan berarti keras juga.

Sembilan tip mudah untuk membantu anak agar makin rajin belajar tersebut di atas dapat dicoba dengan variasi yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak. Orang tua juga perlu kreatif serta meluangkan waktu agar anak dapat belajar dengan fokus untuk mencapai prestasi yang optimal.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*