Unik, Pohon Natal dari Sapu Lidi Setinggi 5 Meter di Katedral Purwokerto, Ternyata Begini Maknanya




Pohon Natal sapu lidi di halaman depan Gereja Katedral Purwokerto. (Dok.radarbanyumas)
Pohon Natal sapu lidi di halaman depan Gereja Katedral Purwokerto. (Dok.radarbanyumas)

PURWOKERTO, KalderaNews.com – Sebuah Pohon Natal yang terbuat dari 525 sapu lidi berdiri tegak di halaman depan Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, Jawa Tengah.

Menurut Pastor Paroki Katedral Purwokerto, Romo Sulpicius Parjono, sapu lidi tersebut merupakan sumbangan dari umat. Pohon Natal setinggi 5 meter itu diberi nama “Pohon Terang”.

BACA JUGA:

Sapu lidi itu, kata Romo Parjono, menjadi simbol semangat untuk bangkit dari pandemi Covid-19. Sapu itu penanda membersihkan virus Covid-19.

“Ada juga ornamen bola-bola sebagai simbol virus Covid-19. Lalu diberi ornamen masker dan suntikan vaksin,” jelas Romo Parjono.

Romo Parjono mengatakan bahwa Pohon Natal ini sengaja diletakkan di luar gereja, agar bisa dilihat oleh banyak orang, sebagai peringatan kasus Covid-19 di Purwokerto pernah mencapai puncak serta selalu ingat menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas.

“Seperti ornamen masker dan suntikan untuk mengingatkan usaha manusia agar tidak mudah tertular dari virus,” kata Romo Parjono.

Sapu lidi itu, lanjut Romo Parjono, juga menjadi lambing harapan masyarakat yang ingin kembali membangun kehidupan atau kesejahteraan sosial bersama. “Kerja sama itu penting untuk mengatasi dampak pandemi,” imbuh Romo Parjono.

Makna Pohon Natal sapu lidi ini juga sesuai dengan tema Natal 2021 “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*