Hilman Hariwijaya, Penulis Novel Lupus Meninggal Dunia, Teman Remaja Era 1980-an




Novel Lupus. (Ist.)
Novel Lupus. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya meninggal dunia pada Rabu, 9 Maret 2022. Hilman Hariwijaya adalah penulis novel yang menemani perjalanan remaja era ‘80-an.

Penulis kelahiran 25 Agustus 1964 ini dikenal sejak menulis cerita pendek Lupus di majalah Hai pada Desember 1986. Dengan judul yang sama, cerita pendek itu lalu dikembangkan menjadi novel Lupus. Ia bersama dua penulis lainnya, yakni Gusur Adhikarya dan Boim Lebon, membuat itu dan dikenal dengan trio penulis novel Lupus.

BACA  JUGA:

Selain menulis cerita pendek dan novel Lupus, Hilman Hariwijaya juga pernah menjadi penulis naskah beberapa film, seperti Dealova (2005), The Wall (2007), Anak Ajaib (2008), Suka Ma Suka (2009), dan Rasa (2009). Ia juga merambah dunia pertelevisian dengan menulis skenario dari sinetron Cinta Fitri (Season 2 – Season 3) serta Melati untuk Marvel.

Lupus merupakan novel yang meledak pada masa itu. Novel Lupus pertama diterbitkan pada 1986 berjudul “Lupus I: Tangkaplah Daku Kau Kujitak”.

Lupus identik sekali dengan permen karet yang tak pernah lepas darinya. Model rambut berjambul yang sering dihina Lulu, sang adik, dengan sebutan sarang Burung. Karakter tersebut juga dikenal dengan sifatnya yang konyol, hingga membuatnya disukai oleh seluruh teman-temannya.

Cerita Lupus lebih banyak mengulik kehidupan sehari-hari Lupus di rumah, sekolah, dan kisah-kisah pertemanannya.

Lupus memiliki teman-teman seperti Boim, Gusur, Anto, Aji, Fifi Alone, Adi Darwis, Gito (teman massa dewasanya). Iko-iko, Pepno, Happy, Uwi dan masih banyak lagi.

Kondisi kesehatan Hilman Hariwijaya sudah terlihat menurun sejak akhir 2021. Kini, sang penulis tersebut telah tiada.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*