Apa Itu Management Trainee? Ternyata Begini Pengertian dan Tip Menjalaninya

Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)
Ilustrasi: Memulai meniti karir di dunia kerja. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pernahkah kamu menemukan lowongan kerja dengan posisi Management trainee? Sebenarnya posisi seperti apakah ini? Apakah karyawan baru bisa langsung menjadi seorang manajer dalam perusahaan?

Karyawan yang masuk melalui Management trainee berpeluang untuk mendapatkan jenjang karier yang lebih cepat dibandingkan karyawan lainnya. Masuk melalui jalur Management trainee berarti kamu akan mendapat kesempatan bekerja sembari belajara. Selain itu gaji dan tunjangan yang diterima Management trainee biasanya lebih besar.

BACA JUGA:

Management trainee biasa disingkat MT merupakan suatu program pelatihan manajemen yang berguna untuk mendapatkan suatu kandidat tepat yang memiliki kualitas baik, serta juga memiliki potensi untuk menempati posisi manajerial.

Management trainee juga bisa disebut sebagai salah satu perekrutan karyawan baru di suatu perusahaan. Posisi ini biasanya untuk mereka yang masih fresh graduate. Hal ini karena mereka dianggap memiliki pengalaman yang mumpuni di dunia kerja.

Tujuan perusahaan dengan mengadakan program Management trainee ini karena posisi manajer tidak boleh diisi oleh sembarang orang. MT merupakan sistem rekrutmen karyawan baru yang aka bekerja di bawah pengawasan manajer atau eksekutif perusahaan lainnya.

MT ini diharapkan dapat menjadi pemimpin atau manajerial di masa mendatang karena mereka dituntut untuk memahami bidang seperti produksi, pemasaran, penjualan, dan operasional lainnya.

Rekrutmen posisi MT ini dapat dibilang cukup panjang, karena perusahaan tidak mau salah pilih. Inilah tip yang harus kamu tahu untuk posisi MT ini.

  1. Proses rekrutmen bisa berlangsung selama dua hingga tujuh bulan. Terdapat proses seleksi sebanyak tujuh tahapan juga.
  2. Dalam MT, tujuannya adalah melatih orang-orang yang terpilih agar bisa menjadi future leader di perusahaan tersebut.
  3. Selama megikuti proses MT, status kepegawaian tidak bisa dikatakan pegawai tetap. Selain itu peserta MT juga tidak boleh mengambil cuti. Dalam program ini bila saat evaluasi dinilai buruk atau tidak cukup memuaskan maka dapat dikeluarkan kapan pun tanpa melihat pertimbangan lainnya.
  4. Bila kamu diterima dalam MT, harus siap untuk ditempatkan di mana pun.
  5. Harus menjaga sikap dalam program MT ini merupakan hal paling penting. Karena hanya dengan menjaga sikap ini kamu bisa menunjukkan ke perusahaan bahwa kamu orang yang professional dan tepat untuk mendapatkan posisi management trainee.
  6. Usahakan kamu katif di setiap  kesempatan. Dengan ini kamu bisa mempromosikan diri bahwa kamu seorang yang layak. Namun juga jangan terlalu terburu-buru, berikan hasil pekerjaan yang memuaskan.

Itulah pengertian dan tip yang harus kamu tahu tentang management trainee. Siapkan CV terbaikmu, siapkan mental dan masuk kesempatan menjadi manajer di sebuah perusahaan melalui program ini. Good Luck!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*