Proficiat, 70 Tahun Karya Pendidikan Yayasan Tarakanita, Pembaruan Menuju Tarakanita Baru

Sharing for Empowerment

Karya pendidikan di Lahat lantas berkembang dengan munculnya gagasan mendirikan sekolah MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs).

Di Yogyakarta, karya layanan pendidikan dimulai sejak 1935. Para Suster CB mengajar di sekolah-sekolah Katolik (HCS di Yogyakarta, Volkschool di Gowongan, dan juga Kanisius di Ganjuran).

Setelah kemerdekaan di proklamasikan, atas gagasan Sr Laurentia CB dan Sr Catharinia CB didirikanlah sekolah di Yogyakarta. Mengingat semakin kompleksnya pengelolaan sekolah-sekolah tersebut, Missie Overste bersama Sr Catharinia CB yang waktu itu menjadi “supervisor” sekolah-sekolah CB mengadakan pembicaraan dan mengambil keputusan untuk mendirikan suatu yayasan pendidikan.

Nah, pada 29 April 1952, 4 Suster CB, yaitu Sr Ursulia, Sr Chatarinia, Sr Bernardia, dan Sr Marie Johanna), 3 umat awam ( Nyonya Hardjasoebrata, Tuan Marcus Manguntijoso, Tuan E. Soedarmo), serta seorang imam (Romo Van Thiel SJ), sepakat mendirikan sebuah badan hukum yang bernama Yayasan Tarakanita.

Yayasan Tarakanita secara resmi didirikan pada Senin, tanggal 7 Juli 1952 yang disahkan oleh Notaris R.M. Wiranto di Yogyakarta dengan Akte Notaris nomor 3. Saat didirikan Yayasan Tarakanita berkedudukan di Yogyakarta dengan alamat Jalan Terban Taman (sekarang Jalan Cik Di Tiro) No. 30. Akte tersebut sudah terdaftar di Pengadilan Negeri Yogyakarta.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*