Inilah Arti Minal Aidin Wal Faizin yang Sesungguhnya, Jangan Sampai Salah Mengucapkannya




Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)
Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat hari raya Idulfitri tiba, di mana- mana terpampang tulisan minal aidin wal faizin, mulai dari pertokoan hingga ucapan yang bertebaran melalui pesan singkat. Biasanya tulisan ini akan disambung dengan kalimat “mohon maaf lahir dan batin”.

Sehingga sangat umum kita mendengar, “Selamat Hari Raya Idul Fitri, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin”. Mungkin kamu juga salah satu pengguna ucapan itu, ya? Hayo ngaku….

BACA JUGA:

Kebanyakan dari kita mengira bahwa kalimat  minal aidin wal faizin memiliki arti mohon maaf lahir dan batin, tetapi sesungguhnya kalimat ini merupakan penggalan dari sebuah doa. Minal aidin wal faizin sebenarnya adalah potongan dari doa ja’alanallahu minal aisin wal faizin, yang artinya semoga Allah menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan. Meski demikian, yang dimaksud doa ini tentu saja tetap kembali pada fitrah di hari Idulfitri.

Meskipun artinya bukan ‘maaf lahir batin’, tidak ada salahnya kalimat minal aidin wal faizin ini diikuti dengan kalimat permintaan maaf. Selain itu, muslim di dunia juga menggunakan kalimat taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Kalimat ini digunkaan untuk mendokan sesama umat Islam agar puasanya diterima.

Ungkapan ini telah ada sejak zaman Nabi Muhammad. Pada zaman sahabat Nabi  memang yang lebih baik banyak diucapkan adalah kalimat mendoakan. Ucapan yang biasanya digunakan adalah Taqabbalallahu Minna wa Minkum Taqabbal ya Karim. Kemudian ucapan tersebut disambung dengan wa ja’alanallahu wa iyyakum minal ‘aidin Wal faizin.

Dalam doa itu. Kita mendoakan orang yang disebutkan atau yang didoakan tersebut. Kemudian bagian kedua adalah doa semoga kita semuanya dijadikan orang-orang yang minal aidin atau orang-orang yang kembali kepada kebaikan, kesucian, dan fitrah.

Selain itu, wal faizin memiliki makna menjadi bagian dari orang-orang yang beruntung. Jadi dapat disimpulkan bahwa ucapan minal aidin wal faizin berarti harapan agar kita menjadi bagian dari orang-orang yang kembali kepada hal-hal yang baik.

Maka, sebenarnya kalau kita tarik makna dari minal aidin Wal faizin ini merupakan doa agar kita kembali menjadi orang yang lebih baik, kembali kepada kesucian, kembali kepada fitrah kita, dan semoga kita menjadi orang-orang yang beruntung di kemudian hari.

Oleh karena itulah, memang ucapan ini biasa digunakan dengan kalimat sambung yang sering dipakai, sehingga seolah-olah artinya adalah mohon maaf lahir dan batin.

*Jika artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*