Dosen UM Surabaya Tanggapi Isu Rasis dalam Perspektif Labeling dan Streotype

Sharing for Empowerment

Radius menegaskan bahwa berbagai motif di atas tentunya tidak selayaknya kita anggap sesuatu hal yang wajar atau kita maklumi, justru kondisi tersebut memprihatinkan.

Sikap rasis bisa jadi sudah mendarah daging dan berada di alam bawah sadar kita, misalnya ungkapan ketidaksukaan terhadap yang berbeda atau dianggap melanggar dengan mudah diekpresikan dengan melabeli orang tersebut dengan identitas suku atau ras tertentu yang dianggap rendah.

“Ada kecenderungan membantah karena seringkali orang mengungkapkan sikap rasis dalam kondisi emosional atau di luar kontrol. Kalau level rasis sudah berada di level tersebut, tentunya itu alarm berbahaya bagi keberagaman kita,”ujar Radius

Radius juga menjelaskan bahwa pembentukan informasi dalam diri manusia yang penuh dengan labeling atau stereotype tentunya sesuatu hal yang bermasalah.

Dalam konteks Indonesia, hal tersebut terbentuk tentunya terkait dengan berbagai faktor. Dari persoalan sejarah politik, relasi masa lalu yang tidak setara hingga jejak-jejak kolonialisme.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*