18 Mei, Hari Museum Internasional, Inilah The Power of Museums




Museum Kebangkitan Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Museum Kebangkitan Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional atau International Museum Day.

Perayaan Hari Museum Internasional dikelola oleh International Council of Museums (ICOM).

Hari Museum Internasional mulai diperingati pada 1977. Momen ini menjadi sarana untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap peran museum dalam perkembangan masyarakat pada saat ini dalam skala internasional.

BACA JUGA:

“Museum adalah sarana penting pertukaran budaya, pengayaan budaya dan pengembangan saling pengertian, kerja sama, dan perdamaian di antara masyarakat,” tulis laman resmi ICOM.

Hari Museum Internasional 2022 mengambil tema “The Power of Museums” menarik lebih dari 20.000 museum untuk berpartisipasi dalam acara di lebih dari 90 negara.

Tema ini diangkat lantaran museum memiliki 3 potensi atau kekuatan untuk membawa perubahan positif di komunitas masyarakat dunia, yaitu:

  1. Kekuatan keberlanjutan, di mana museum adalah mitra strategis dalam implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Museum berperan sebagai pemicu daya dorong pengembangan ekonomi sosial, serta penyebaran informasi ilmiah tentang tantangan lingkungan.
  2. Kekuatan berinovasi dalam digitalisasi dan aksesibilitas, di mana museum dapat menjadi tempat bermain yang inovatif; teknologi baru dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi digital dapat membuat museum lebih mudah diakses dan menarik, membantu masyarakat memahami konsep yang kompleks.
  3. Kekuatan membangun komunitas melalui pendidikan, di mana lewat koleksi dan programnya, museum dapat menjalin tatanan sosial yang penting dalam pembangunan komunitas. Dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi dan memberikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua, museum dapat berkontribusi untuk membentuk masyarakat sipil yang terinformasi dan terlibat.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*