Pantang Menyerah Melawan Sakit Paru-paru, Nathanael Tjandra Berhasil Gondol Emas dan Kuliah di Harvard University

Siswa SMAK Calvin Jakarta, Nathanael Tjandra
Siswa SMAK Calvin Jakarta, Nathanael Tjandra (KalderaNews/Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siswa SMAK Calvin Jakarta, Nathanael Tjandra adalah contoh sosok yang pantang menyerah dalam memperjuangkan keinginan dan tekad bulatnya mengharumkan Indonesia.

Berawal dari ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2020 dengan meraih medali perak, ia lolos ke tahap berikutnya dan mengikuti pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk persiapan menuju International Biology Olmpiad (IBO) Challenge II pada 7-13 Agustus 2020 lalu di Jepang.

Namun, tidak disangka beberapa hari sebelum pelatnas, kesehatan Nathan ngedrop. Kedua paru-parunya sakit sehingga harus dirawat di Rumah Sakit. Pelatnas pun diputuskan ditunda.

BACA JUGA:

Namun ia adalah sosok yang gigih. Di saat belum pulih kesehatannya, ia nekad mengikuti pelatnas. Tragisnys beberapa hari sebelum IBO dihelat, paru-parunya kambuh lagi dan ia pun dirawat di rumah sakit lagi.

Ia mengaku sempat patah semangat. Ia berpikir jerih payah OSN seolah akan sia-sia bila akhirnya tidak mewakili Indonesia dalam ajang IBO 2020.

Keajaiban pun datang. Ia merasa siap dan bisa tetap mengikuti IBO secara daring. Nathan pun mengikuti pelaksanaan IBO meskipun dalam keadaan terbaring di rumah sakit.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*