Etilen Glikol Dicurigai Pemicu Sakit Ginjal Akut pada Anak, Mengapa Berbahaya?

Sharing for Empowerment

Etilen glikol memiliki rasa manis dan bisa menjadi kendaraan farmasi.. Etilen glikol terurai menjadi senyawa beracun dalam tubuh. Etilen glikol dan produk sampingannya yang beracun pertama-tama mempengaruhi sistem saraf pusat (SSP), kemudian jantung, dan akhirnya ginjal. Zat ini dapat menyebabkan kematian.

Langkah Antisipatif Kemenkes

Kemenkes bersama BPOM, Ahli Epidemiologi, IDAI, Farmakolog dan Puslabfor Polri melakukan pemeriksaan laboratorium untuk memastikan penyebab pasti dan faktor risiko yang menyebabkan gangguan ginjal akut. Lebih 200 kasus sudah ditemukan di Tanah Air dan hampir separuh penderitanya meninggal dunia.

Beberapa jenis obat anak yang dipastikan mengandung etilen glikol adalah paracetamol dan obat batuk sirup. Walakin, Kemenkes mengambil tindakan antisipatif dengan menghentikan sementara penggunaan semua obat cari atau sirup.

“Kemenkes mengimbau masyarakat untuk sementara tidak mengonsumsi obat dalam bentuk sirup tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Sebagai alternatif dapat digunakan bentuk sediaan lain, seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal), atau lainnya,” tutur Juru Bicara Kemenkes dr Syahril di Jakarta, Rabu (19/10).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*