Etilen Glikol Dicurigai Pemicu Sakit Ginjal Akut pada Anak, Mengapa Berbahaya?

Rumus Kimia Etilen Glikol (KalderaNews/Ist)
Rumus Kimia Etilen Glikol (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Etilen glikol (Ethylene Glycol) dicurigai menjadi pemicu sakit ginjal akut yang dialami sejumlah anak di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menemukan senyawa tersebut pada obat anak-anak.

Sebagaimana diuraikan dalam Britannica, etilen glikol adalah anggota paling sederhana dari keluarga glikol senyawa organik. Glikol adalah alkohol dengan dua gugus hidroksil pada atom karbon yang berdekatan. Nama umum etilen glikol secara harfiah berarti “glikol yang berasal dari etilen.”

Etilen glikol adalah cairan bening, manis, sedikit kental yang mendidih pada 198°C. Penggunaannya yang paling umum adalah sebagai antibeku otomotif. Larutan etilen glikol dan air 1:1 mendidih pada 129°C dan membeku pada 37°C, berfungsi sebagai pendingin yang sangat baik pada radiator otomotif.

BACA JUGA:

Selain digunakan sebagai antibeku, menurut The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), etilen glikol berguna sebagai bahan kimia dalam cairan di banyak produk konsumen. Antara lain ada dalam cairan rem hidrolik, tinta bantalan stempel, pulpen, pelarut, cat, plastik, film, dan kosmetik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*