Ikut Youth Space Camp di Amerika, Chaidar Terkesan Simulasi Peluncuran Roket

Siswa SMAS Darul Hikam Internasional, Chaidar Nadif Prasetya di "Youth Space Camp Exchange 2022" di Pusat Antariksa & Roket di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat
Siswa SMAS Darul Hikam Internasional, Chaidar Nadif Prasetya di "Youth Space Camp Exchange 2022" di Pusat Antariksa & Roket di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat (KalderaNews/Dok. Pribadi)
Sharing for Empowerment

LEMBANG, KalderaNews.com – Siswa SMAS Darul Hikam Internasional, Chaidar Nadif Prasetya menjadi siswa dari Indonesia yang mengikuti “Youth Space Camp Exchange 2022” di Pusat Antariksa & Roket di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.

Chaidar bersama 26 siswa dari berbagai benua berkesempatan mengenal lebih dekat dunia antariksa dan serba-serbinya.

Salah satu hal paling berkesan bagi siswa kelas XII ini adalah ketika ia dan seluruh peserta menyimulasikan peluncuran roket.

BACA JUGA:

Simulasi tersebut dinamakan Extended Duration Missions (EDM). Ia menjelaskan, EDM adalah simulasi peluncuran roket. Mulai dari mempersiapkan mesin roket hingga alih kendali.

Simulasi tersebut bersakala 1:2, artinya para siswa merasakan setengahnya suasana yang dirasakan oleh astronaut NASA saat menerbangkan roket.

“Simulasinya sangat realistis. Dari situ bener-bener dites kemampuan komunikasi, problem solving. Itu paling susah dan paling berkesan. Bahkan, perasaan pas selesai misinya bener-bener melegakan,” ungkapnya dikutip dari situs resmi Disdik Jabar pada Rabu, 25 Januari 2023.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*