Pelajaran Bahasa Indonesia di Australia Perlu Diintensifkan, Wah, Bakal Butuh Banyak Guru Nih

Sharing for Empowerment

Studi Kohler pun membahas tentang tantangan yang dihadapi guru Bahasa Indonesia di Australia. Studi itu mengatakan sekolah-sekolah di Australia membutuhkan guru bahasa yang andal. Ini menjadi perhatian utama kepala sekolah dalam memutuskan pelajaran bahasa yang akan ditawarkan di sekolah yang ia pimpin.

Dalam kasus pengajaran Bahasa Indonesia, tidak memadainya guru yang berkualitas dapat membuat mata pelajaran tersebut rentan untuk tidak diajarkan. Sebagai gantinya adalah pelajaran bahasa lain yang dapat menyediakan guru yang dipandang berkualitas.

Tantangan lain dalam pengajaran Bahasa Indonesia di Australia, menurut Kohler. menyangkut kemampuan bahasa dan pengetahuan konten pedagogis. Mengutip beberapa studi, Kohler mengatakan ada guru yang kurang memiliki pengetahuan tentang pendekatan kritis untuk pengajaran budaya dan kuatnya etnisitas dalam kultur Indonesia.

Ia mengatakan para guru menghadapi ketegangan dalam hal “…pemahaman ketidakterpisahan mendasar agama, bahasa, dan budaya di Indonesia, dengan sifat yang dominan sekuler sekolah di Australia, di mana topik agama selalu dihindari.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*