Pelajaran Bahasa Indonesia di Australia Perlu Diintensifkan, Wah, Bakal Butuh Banyak Guru Nih

Sharing for Empowerment

Meskipun terdapat kesulitan ini, Kohler mengatakan area ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan minat siswa, jika ditangani dengan baik. Untuk itu diperlukan investasi untuk meningkatkan kemampuan guru.

Pada kesimpulan studinya, Kohler mengatakan perlunya kerjasama antara Pemerintah Australia dan Indonesia serta pemangku kepentingan lainnya untuk merumuskan arah pengajaran Bahasa Indonesia di Australia. Selama ini, ia mengatakan telah ada berbagai inisiatif dalam skala mikro dan tingkat lokal yang dinilai membantu.

Di antaranya pendekatan berbasis masyarakat dengan didirikannya Balai Bahasa berbagai negara bagian/teritori. Inisiatif ini berjalan berdasarkan pola kemitraan antara relawan masyarakat setempat, pemerintah Indonesia dan otoritas pendidikan lokal. Balai Bahasa menawarkan berbagai layanan Bahasa dan Kebudayaan Indonesia kepada masyarakat setempat, misalnya, menjalankan program kelas bahasa Indonesia, Festival Film Indonesia tahunan, Program Bantuan Bahasa untuk sekolah, dan study tour ke Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*