Pelajaran Bahasa Indonesia di Australia Perlu Diintensifkan, Wah, Bakal Butuh Banyak Guru Nih

Sharing for Empowerment

Padahal, kata Kohler dan Mahnken, secara historis, Australia telah menjadi pemimpin dunia dalam pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Selain itu Australia juga pernah dikenal sebagai pusat keahlian di bidang politik, sejarah, ekonomi, antropologi dan disiplin ilmu Indonesia lainnya.

Menurut studi Kohler dan Mahnken, Bahasa Indonesia adalah satu-satunya bahasa utama di sekolah-sekolah Australia yang tanpa organisasi linguistik dan budaya yang didanai untuk mendukung pembelajaran bahasa dan budaya sasaran di luar negara asal.

Penurunan minat belajar Bahasa Indonesia di Australia memiliki pola yang khas. Pesertanya cukup besar jumlahnya di tingkat SD namun menurun di tingkat SMP dan merosot drastis di tingkat SMA.

Pada tahun 2010, ada 191.000 pelajar yang mempelajari Bahasa Indonesia di tingkat SD, SMP, dan SMA. Namun 63 persen adalah pelajar di tingkat SD. Sementara di tingkat SMA yang belajar Bahasa Indonesia hanya 1.167 pelajar, yaitu tidak sampai 1 persen dari total pelajar di SD dan SMP.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*