Apakah Gelar Ph.D Dapat Diandalkan Untuk Berkarier Selain di Dunia Akademik?

Sharing for Empowerment

Kedua, berada di program PhD menghadapkan saya pada berbagai diskusi yang relevan dengan kebijakan melalui kelompok membaca, seminar, atau bahkan obrolan kopi informal dengan sesama mahasiswa. Saya bukan satu-satunya mahasiswa di departemen saya – ada mahasiswa PhD lainnya yang mengerjakan topik-topik menarik di berbagai bidang. Obrolan informal dengan mereka tentang pekerjaan mereka membuat saya menyadari apa yang dihadapi negara lain dan bahwa sebagian besar tantangan kebijakan serupa di negara lain.

Departemen saya juga menyelenggarakan banyak seminar dan konferensi, dan saya berusaha sebaik mungkin untuk hadir. Saat ini, saya sedang meneliti sekumpulan negara yang benar-benar baru bagi saya dan bukan negara asal saya. Namun, saya cukup beruntung bisa terpapar masalah dan konteks negara-negara ini melalui banyak acara seminar yang diselenggarakan oleh sekolah.

Seperti orang lain, terkadang saya kehilangan tujuan untuk mendapatkan gelar PhD. Setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk menemukan jalannya, tetapi bagi saya, membaca berita adalah yang terbaik. Saat saya membaca berita, saya bisa melihat betapa masih banyak tantangan pembangunan di seluruh dunia. Keinginan saya untuk menjadi bagian dari solusi membantu saya untuk bergerak maju.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*