Sisi Lain Penobatan Charles, Untuk Pertama Kalinya Raja Inggris Lulusan Universitas

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com —  Penobatan Raja Charles III menjadi raja Inggris pada Sabtu, 6 Mei, 2023 menorehkan berbagai sejarah. Salah satunya tentang pendidikan raja Inggris.

Raja Charles III adalah raja Inggris pertama yang memperoleh gelar akademik dari universitas. Charles meraih gelar sarjana di bidang sejarah dan antropologi gelar dari Trinity College, Cambridge, pada tahun 1970.

Raja Charles merupakan generasi pertama raja Inggris yang menempuh pendidikan di sekolah publik. Sebelumnya, keluarga kerajaan menempuh pendidikan privat. Ibunda Charles, Ratu Elizabeth II, masih menempuh pendidikan dengan cara ini.

BACA JUGA:

Sepanjang sejarah pola pendidikan keluarga kerajaan Inggris mengalami berbagai perubahan. Ini tidak lepas dari pergeseran gagasan tentang pendidikan aristokrasi dan peran monarki  Inggris. Secara tradisional, pewaris takhta dan anak kerajaan lainnya dididik secara privat oleh tutor.

Bidang studi yang ditekankan berubah menurut era. Di era Tudor, gagasan humanisme Renaisans—menekankan seni liberal dan sains dan klasik—mempengaruhi pendidikan kerajaan. Ratu Elizabeth I dari Inggris, misalnya, memiliki kemampuan multibahasa dan menulis sejumlah terjemahan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*