Bisakah SKTM Digunakan untuk Daftar Beasiswa KIP Kuliah 2024? Cek di Sini!

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka 2024. (kalderanews.com)
Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) Merdeka 2024. (kalderanews.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024 sedang dibuka. Pertanyaannya, apakah surat keterangan tidak mampu (SKTM) bisa dipakai untuk daftar?

SKTM sendiri merupakan surat yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat sebagai keterangan bahwa penduduk adalah keluarga yang kurang mampu atau punya keterbatasan dalam ekonomi.

KIP Kuliah 2024 sendiri adalah beasiswa bagi mahasiswa yang terbatas secara ekonomi untuk membayar kuliah tetapi punya potensi untuk berkembang dan berprestasi.

BACA JUGA:

Pertanyaannya, apakah SKTM bisa digunakan calon mahasiswa untuk mendaftar KIP Kuliah 2024? Untuk menjawabnya, cek persyaratan ekonomi penerima beasiwa KIP 2024 di sini!

Persyaratan ekonomi penerima KIP Kuliah 2024

Siswa yang bisa mendatar beasiswa KIP Kuliah 2024 harus memenuhi salah satu syarat kondisi ekonomi berikut ini:

  1. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) pendidikan menengah
  2. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau merupakan penerima bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  3. Termasuk kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil tiga Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE)
  4. Siswa asal panti asuhan/panti sosial

Apabila siswa tidak memenuhi empat persyaratan di atas, maka kriteria ini bisa digunakan sebagai syarat daftar KIP Kuliah 2024:

  • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu
  • Mempunyai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah minimal tingkat desa/kelurahan untuk menyatakan kondisi suatu keluarga yang termasuk golongan miskin atau tidak mampu

Jadi, berdasarkan keterangan ini, maka siswa bisa mendaftar KIP 2024 dengan menggunakan SKTM selama tidak memenuhi 4 persyaratan mutlak yang telah disebutkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*