Beasiswa Anak-anak Transmigran Berprestasi 2024 yang Buka Pendaftaran, Cek Syaratnya di Sini!

Beasiswa. (by freepik)
Beasiswa. (by freepik)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Apakah kamu sedang memburu beasiswa? Ada Beasiswa Anak-anak Transmigran Berprestasi 2024 yang sedang dibuka, cek syaratnya di sini!

Beasiswa untuk anak transmigrasi berupa bantuan pendidikan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Pendaftaran beasiswa bertajuk “Program Penjaringan Siswa Berprestasi di Kawasan Transmigrasi (PPSBKT)” itu sudah dibuka hingga 26 April mendatang.

BACA JUGA:

Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti Beasiswa Anak-anak Transmigran Berprestasi 2024 ini, coba cek persyaratan lebih lanjut di sini!

Ketentuan umum dan syarat Beasiswa Anak-anak Transmigran Berprestasi 2024

  1. Beasiswa diberikan kepada putra-putri transmigran yang mendaftar di perguruan tinggi negeri  atau swasta di mitra Direktorat Jenderal PPKTrans.
  2. Berprestasi di bidang akademik atau non-akademik, dan/atau berkontribusi pada daya saing bangsa di segala bidang.

Persyaratan umum

  • Berusia maksimal 25 tahun pada saat pendaftaran.
  • Melampirkan surat keterangan sebagai transmigran disertai tahun penempatan atau keterangan sebagai penduduk setempat yang memperoleh perlakuan sebagai transmigran dari kepala desa atau sebutan lain.
  • Melampirkan kartu tanda penduduk bagi pendaftar yang telah berumur 17 tahun atau lebih, melampirkan akta kelahiran, kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu dari kepala desa atau sebutan lain, dan surat rekomendasi dari kepala dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota yang bersangkutan.
  • Melampirkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari kepolisian daerah setempat.
  • Melampirkan foto berwarna dengan latar belakang merah dengan ukuran 3X4 sebanyak 3 lembar.
  • Calon pendaftar juga harus melampirkan nomor telepon pribadi yang bisa dihubungi. Bagi yang tidak memiliki nomor telepon pribadi, dapat melampirkan nomor telepon orang tua/wali dan segera melaporkan ke pemerintah pusat kembali apabila sudah memiliki nomor telepon pribadi.
  • Melampirkan surat pernyataan setuju dengan dibubuhi tanda tangan pribadi di atas meterai dan tanda tangan orang tua.
  • Melampirkan esai dengan tema “Pengabdian di Kawasan Transmigrasi” dengan ilmu sesuai program studi pilihan pendaftar beasiswa, dan mengirimkan dokumen pendaftaran secara daring ke http://siditrans.kemendesa.go.id atau secara luring melalui pos ke alamat sesuai dengan prosedur pendaftaran.

Persyaratan Khusus

  • Melampirkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN),
  • Salinan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  • Legalisasi kepala sekolah bagi yang belum mendapatkan salinan ujian nasional.
  • Melampirkan salinan ijazah sekolah menengah atas atau sederajat yang dilegalisasi kepala sekolah
  • Salinan rapor dari semester 1 kelas X hingga semester 2 kelas XII yang dilegalisasi kepala sekolah.
  • Melampirkan surat keterangan/bukti tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan/atau surat keterangan/bukti prestasi lainnya.
  • Melampirkan kartu peserta seleksi perguruan tinggi yang hasilnya dapat dibuktikan pada laman penerimaan mahasiswa.

Sementara, persyaratan khusus bagi pendaftar mahasiswa aktif (on-going) adalah melampirkan surat keterangan aktif berkuliah dari perguruan tinggi sebagai bukti status aktif berkuliah maksimal semester 4 pada saat pendaftaran;

Lalu, melampirkan transkrip nilal sebagai bukti bahwa pendaftar yang bersangkutan memiliki IPK minimal 3,00 dalam skala 4,00, serta melampirkan surat rekomendasi dari perguruan tinggi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*