Simak! Inilah Cara Daftar KIP Kuliah On Going Kemenag 2024 untuk PTKIN

Sharing for Empowerment

Hal ini memberikan kesempatan lebih luas bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke PTKIN namun menghadapi kendala biaya.

Jadi, jika Anda termasuk salah satu dari mereka, pastikan untuk mengikuti prosedur pendaftaran dengan cermat.

Persyaratan peserta KIP Kuliah On Going Kemenag 2024

Pendaftar KIP Kuliah On Going perlu memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kemenag.

Menurut Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam, nomor 6549 Tahun 2023, berikut adalah syarat-syarat peserta KIP Kuliah On Going Kemenag 2024 yang perlu diperhatikan:

  1. Calon pendaftar merupakan mahasiswa baru yang lulus dari MA/MAK/Diniyah Formal/SMA/sederajat dengan ketentuan tertentu berdasarkan tahun angkatan.
  2. Calon pendaftar harus menunjukkan keterbatasan ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik, yang didukung oleh bukti dokumen yang sah.
  3. Calon pendaftar merupakan mahasiswa yang terdampak langsung oleh pandemi COVID-19 melalui status orang tua/wali yang meninggal dunia atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).
  4. Calon pendaftar harus bersedia untuk tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah.

Syarat dokumen dan tata cara pendaftaran

  • Dokumen yang membuktikan keterbatasan ekonomi, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Kartu Jakarta Pintar (KJP).
  • Jika tidak memiliki kartu-kartu tersebut, calon pendaftar masih dapat mendaftar KIP Kuliah asalkan memenuhi syarat tidak mampu secara ekonomi, yang perlu didukung oleh bukti-bukti tertentu.
  • Dokumen-dokumen lain yang menjadi persyaratan, seperti surat keterangan kematian atau PHK, fotokopi KTP, pas foto, fotokopi rapor dan ijazah, serta dokumen pakta integritas yang ditandatangani.

Proses seleksi dan pengumuman

Seleksi calon penerima program KIP Kuliah On Going dilakukan oleh masing-masing PTKIN sesuai dengan panduan yang telah ditetapkan oleh Kemenag.

Penekanan dalam seleksi ini adalah pada kriteria keterbatasan ekonomi dan potensi akademik. Hasil seleksi akan diumumkan melalui pimpinan PTKIN setempat.

Itulah cara daftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah On Going Kemenag 2024 untuk PTKIN. Pastikan untuk menyiapkan segala persyaratannya dengan tepat, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnyadi Google News




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*