4 Tips Mengajari Putra-putri Kita Berpuasa

Puasa Anak
Ilustrasi Puasa Anak
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengenalkan dan membimbing putra-putrinya menjalankan ibadah puasa.

Meski bukan pekerjaan yang mudah, tapi hal itu bukan hal yang mustahil dan bisa dilakukan secara bertahap dan perlahan.

BACA JUGA:

Sebagai orang tua yang baik, 4 langkah mengajarkan anak berpuasa berikut ini layak dipertimbangkan:

  1. Pastikan Putra-putri kita Siap Secara Fisik dan Psikis
    Pertama dan yang utama adalah pastikan putra-putri kita memang siap secara fisik dan psikis untuk ikut berpuasa. Jangan memaksanya karena membuatnya jadi tidak menyukai ibadah ini.
  2. Jelaskan Konsep Puasa
    Walau mereka mungkin belum terlalu mengerti, penting bagi Ayah dan Bunda untuk menjelaskan maksud dan manfaat daripada puasa Ramadan. Pastikan penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tanpa menakut-nakuti mereka mengenai dosa dan neraka jika tidak berpuasa.
  3. Mulai Secara Bertahap
    Latih anak berpuasa secara bertahap sesuai dengan kemampuan fisik anak. Awali dengan puasa hingga waktu Zuhur dahulu selama beberapa hari, kemudian berpuasa hingga waktu Asar. Kalau sudah merasa kuat, boleh mencoba berpuasa hingga beduk Magrib. Bisa juga dilatih untuk berpuasa hingga Zuhur, makan siang dulu, lalu melanjutkan puasanya hingga Magrib.
  4. Kegiatan Seru Saat Ngabuburit
    Waktu menunggu berbuka bisa jadi membosankan bagi anak. Siapkan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu berbuka agar Si Buah Hati tetap semangat melanjutkan puasanya hingga Magrib. Memasak takjil bersama, membaca buku, atau bermain bersama adik bisa jadi kegiatan seru untuk mengisi waktu.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*