Hati-Hati Hoaks, Inilah Saluran Informasi Resmi Terkait Penyebaran Covid-19

Ilustrasi: Penyebaran virus corona di Indonesia. (Ist.)
Ilustrasi: Penyebaran virus corona di Indonesia. (Ist.)

JAKARTA, kalderaNews.com – Kini, hampir tiap hari, kita dijejali dengan aneka ragam informasi tentang penyebaran virus corona alias Covid-19. Kita pun kadang tak tahu, mana yang benar dan mana yang keliru. Dalam situasi seperti ini, kita tentu masih menemukan berita-berita bohong alias hoaks.

BACA JUGA:

Nah, untuk mencegah hoaks, pemerintah telah menyediakan fasilitas layanan komunikasi yang akan memberikan informasi terkini mengenai virus corona.

Berikut ini 6 layanan informasi seperti dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika:

covid19.go.id
Situs https://www.covid19.go.id/ merupakan situs resmi pemerintah yang menyediakan perkembangan informasi virus corona di Indonesia. Masyarakat dapat mengakses informasi, termasuk cara mengurangi risiko, mencari informasi yang benar, hingga hal-hal yang perlu dilakukan jika sakit.

Per 23 Maret 2020 nanti, situs ini bisa diakses gratis tanpa mengurangi kuota internet. Situs ini akan memuat data statistik mengenai jumlah kasus positif Covid-19 yang diperbarui secara real-time dan diharapkan menjadi acuan untuk berbagai pihak.

SMS blast
Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) untuk terus menyebarluaskan informasi mengenai pandemi Covid-19 di Tanah Air. BNPB akan mengirimkan SMS blast melalui operator seluler.

Call Center
Call center resmi penanganan Covid-19 adalah 119. Lebih lanjut, nomor pelayanan darurat 117 digunakan BNPB yang merupakan layanan bebas pulsa atau gratis.

Public Service Announcement (PSA)
Masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait Covid-19 melalui lembaga penyiaran publik dan swasta, baik radio, televisi dan informasi yang disediakan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP) dan penyedia jasa media online dalam bentuk banner online.

Chatbot WA
Chatbot ini rilis Jumat, 20 Maret 2020. Fasilitas ini bekerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Group. Masyarakat dapat berinteraksi dengan akun chat ini untuk memperoleh informasi secara interaktif di mana kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes.

WhatsApp blast
Selain itu, masyarakat yang bersedia menerima pesan blast mengenai virus corona, akan mendapatkan informasi mengenai pandemi global ini. Perusahaan WhatsApp hanya memberikan akses ini di Indonesia dan Singapura. WhatsApp blast rencananya akan mulai aktif pada 20 Maret 2020 malam. (yp)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*