Hebat, Pemuda Kelahiran Kupang 24 Tahun Lalu Ini Bergelar Doktor

Grandprix Thomryes Marth Kadja
Grandprix Thomryes Marth Kadja (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Namanya unik Grandprix Thomryes Marth Kadja. Mahasiswa S3 Kimia ITB ini sukses menggondol gelar sarjana doktor di usianya yang masih 24 tahun.

Dengan capaian ini pria kelahiran Kupang ini memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemegang gelar doktor termuda di Indonesia. Disertasinya mengangkat topik tentang zeolite sintesis, mekanisme, dan peningkatan hierarki zeolit ZSM-5. Dalam disertasinya tersebut, Grandprix berfokus pada material yang banyak dipakai di industri, seperti petrokimia dan pengolahan biomassa.

Grandprix masuk SD di usia 5 tahun, mengikuti kelas akselerasi saat duduk di bangku SMA. Lulus SMA di umur 16 tahun, dia langsung melanjutkan S1 Kimia di Universitas Indonesia. Grandprix hanya butuh waktu 3 tahun menamatkan S1 nya di UI.

BACA JUGA:

Di usia 19 tahun, dia melanjutkan S2 ada program studi yang sama di ITB dengan beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemenristekdikti. Sejauh ini ia telah menerbitkan 9 publikasi ilmiah berskala nasional dan internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*