Adri Lazuardi: Tujuan Pendidikan Bukan Mengeluarkan Anak dari Sekolah

Sharing for Empowerment

“Itu yang menjadikan satu landasan bagaimana kami mendidik anak-anak menjadi generasi BEST atau menjadi generasi yang TERBAIK. Terbaik dalam arti kata ini tentu saja menjadi anak-anak yang jujur dan mempunyai integritas yang tinggi,” tandasnya.

Misalnya terkait dengan kasus menyontek yang secara tidak langsung menunjukkan kejujuran anak yang belum terbangun, ia menjelaskan ada tahapan bagaimana anak itu lantas perlu dididik.

“Pada dasarnya kami menciptakan tahap bahwa ketika anak-anak menyotek, mereka harus belajar dari kesalahannya. Biasanya setelah sekali ketahuan, ada guru yang melakukan pembinaan dan bimbingan konseling. Orang tua juga kita ajak bicara. Biasanya, anak-anak itu menjadi lebih baik dan tidak mengulangi perbuatan mereka.”

“Ketahuan menyontek tentu tidak serta-merta langsung dikeluarkan. Itu bukan kita. Tujuan pendidikan kan bukan mengeluarkan anak dari sekolah. Tugas sekolah adalah mendidik mereka agar menjadi anak-anak yang lebih benar. Mereka harus tahu kesalahannya, tetapi juga perlu belajar dari kesalahannya,” pungkasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*