Jelajah Sejarah dan Saksi Bisu Ibu Kota

Sharing for Empowerment

(4). Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan yang tidak jauh dari Museum Bahari ini merupakan pelabuhan tertua dan merupakan cikal bakalnya Kota Jakarta. Berkat pelabuhan inilah Ibukota Indonesia bisa dikenal dunia, dimana segala aktivitas perdagangan, seperti jual-beli bahan makanan (beras, lada, hewan potong, sayuran), emas, serta bahan- bahan rumah tangga lainnya dilakukan di tempat ini, dari Cina, Arab, maupun India.

Walaupun sudah tidak seramai seperti zaman dulu, sekarang pelabuhan masih digunakan dan beroprasi sebagai dermaga transportasi laut. Banyak kapal Phinisi atau kapal kayu berukuran besar yang bersandar di sekitar pelabuhan ini.

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa: Walaupun sudah tidak seramai seperti zaman dulu, sekarang pelabuhan masih digunakan dan beroperasi sebagai dermaga transportasi laut (KalderaNews/Natalia S)

Kapal-kapal tersebut digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan rumah tangga seperti beras, semen, besi, kendaraan bermotor yang akan dikirim ke beberapa pulau di luar Jawa. Selain itu, pelabuhan ini kini digunakan sebagai tempat wisata dengan tiket masuk Rp.2500 per orang.

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan yang sangat berharga dan memberi kesan tersendiri bagi kami. Banyak pengalaman dan pelajaran baru yang kami dapatkan. Selain kami menyusuri setiap tempat dengan berjalan kaki di bawah teriknya matahari, kami mendapat pelajaran dan pengetahuan yang baru tentang sejarah ibukota Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*