Siswa Madrasah Batam Kalahkan Mahasiswa UGM

Para pemenang Kompetisi As-Syifa Researchers and Inventors Awards. (Dok.Kemenag)
Para pemenang Kompetisi As-Syifa Researchers and Inventors Awards. (Dok.Kemenag)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Muhammad Fakhri Wijayanto, Siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam berhasil menyabet juara pertama kategori penelitian dalam Kompetisi As-Syifa Researchers and Inventors Awards (ARIA) 2019. Kompetisi digelar Bagian Penelitian dan Pengembangan Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah, Subang, Jawa Barat. Fakhri berhasil mengungguli dua finalis lain, yakni mahasiswa Universitas Gajah Mada dan siswa dari Pondok Pesantren Rembang.

BACA JUGA:

As-Syifa Researchers and Inventors Awards (ARIA) merupakan ajang kompetisi penelitian dan penemuan yang terbuka untuk umum. Kompetisi ini mengangkat tema seputar pekerjaan sosial, edukasi dan rekreasi, pertanian terpadu dan juga go green dan teknologi ramah lingkungan. Kompetisi ini juga menjadi ajang silaturahim para peneliti dan penemu di Indonesia.

Dalam kompetisi ini, Fakhri Wijayanto mengangkat judul penelitian “Peningkatan Toleransi Antarumat Beragama Melalui Metode Viral Marketing Toleransi dengan TDT Game dan Hashtag Instagram (Sebuah Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 SMPN 6 Batam)”. Ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian 74 siswa kelas 2 SMPN 6 Batam. Melalui hasil SPSS 24, diperoleh peningkatan toleransi sebesar 13,67 persen di kelas eksperimen.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*