Mengapa Pendidik Perlu Menulis Artikel Ilmiah Popular?

Sharing for Empowerment

Selain integritas dan otoritas keilmuan, yang harus dimiliki oleh seorang intelektual publik ialah kapasitas untuk mengemukakan pendapat yang dapat menjangkau publik secara luas. Ia harus mampu menulis dengan bahasa yang sederhana dan menarik, sehingga tulisan-tulisannya tidak hanya dapat dibaca oleh kolega-koleganya sesama akademisi.

Di Inggris masyarakat mengenal Richard Dawkins sebagai salah satu intelektual publik yang dihormati karena kemampuannya menjelaskan dan mempopulerkan Teori Evolusi yang berpusat pada gen (gen centered view of evolution). Buku ilmiah populer pertamanya, terbit tahun 1976 berjudul The Selfish Gene. Buku ini, menurut jajak pendapat untuk memperingati Royal Society Inggris pada tahun 2017, merupakan buku sains paling berpengaruh sepanjang masa.

BACA JUGA:

Kapasitas dan komitmen Richard Dawkins sebagai intelektual publik membuat Universitas Oxford memberi gelar profesor kepada Richard Dawkins pada 1995. Gelar profesor itu disiapkan secara khusus untuk kategori baru, yang disebut The Simonyi Professorship for the Public Understanding of Science.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*