Inilah Alur Permintaan Rekomendasi ke Dinas Sosial Biar Dapat KIP Kuliah

Kamu Lulus SMA/SMK Sederajat? Deadline Beasiswa S1 WMI 1 April 2019
Siswa SMA sedang berdiskusi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat ini di beberapa Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) mengaku sudah ada banyak permohonan rekomendasi untuk mendapatkan KIP Kuliah. Sejauh ini diketahui, rekomendasi menjadi salah satu syarat untuk bisa memperoleh KIP Kuliah.

Rekomendasi dikeluarkan berdasarkan data keluarga pemohon yang termasuk kategori dalam Basis Data Terpadu (BDT) atau Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (BDTKS).

Basis Data Terpadu (BDT) adalah data penduduk yang mencakup Nama, NIK, Alamat, dan keterangan mengenai kondisi sosial dan perekonomian penduduk tersebut. Cek di sini ( http://cekbansos.siks.kemsos.go.id/kemsos/pencarian ) pada kolom ID pilih Nomor Induk Keluarga (NIK).

BACA JUGA:

Dengan data ini pemerintah melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mengupayakan untuk menanggulangi kemiskinan di Indonesia dan memberikan perlindungan sosial kepada seluruh lapisan masyarakat.

BDT ditujukan kepada kelempok masyarakat ekonomi rendah yang diatur oleh Kementerian Sosial sebagai data rujukan kepada pemerintah dalam menentukan siapa yang berhak untuk menerima KIP Kuliah.




16 Comments

  1. Saya terdaftar di BDTKS dan terakhir di update tahun 2015, apakah untuk mendapatkan KIP kuliah saya harus mengupdate data tersebut ke dinas sosial? Mohon informasinya, terima kasih.

  2. Selamat pagi, mau bertanya
    adik saya sudah mendaftar KIP kuliah dan status berkas sudah lengkap. hanya saja statusnya belum terdata. dan menurut prosedur harus ke kantor Dinas Sosial kabupaten setempat, kami sudah datang ke Kantor DinSos untuk melakukan Pendaftaran Mandiri DTKS . tapi seminggu kemudian statusnya masih belum terdata sedangkan batas pendaftaran KIP keburu habis. kira2 apakah masih bisa atau sudah gugur daftar? terima kasih

    • Selamat malam
      Mau bertanya, saya sudah me daftar kip kuliah, dan status berkas sudah lengkap hanya saja statusnya belum terdata. Dan menurut prosedur harus mengajukan ke desa dst…tapi saya belumengajukan
      Apa masih bisa dapat kip kuliah?

  3. Saya ingin bertanya apa prosedur pendataan dtks TDK bisa dipermudah sejauh ini apakah TDK ada penyuluhan ke tingkat kelurahan atau desa karena saat urus rekomendasi dikelurahan tidak singkron dan tidak update pada KIP kuliah bahkan ada petugas TDK mengerti apa itu KIP kuliah, kalau tiap tahun prosedurnya begini kami ribet urus dtks kami takut tahun berikutnya anak kami yg saat ini duduk di SMK susah untuk urus dtks sebagai syarat kelengkapan KIP kuliah. kalau ditingkat kelurahan TDK saling mendukung pada kami yang kurang mampu.

  4. Selamat siang
    Saya mau bertanya,sayakan sudah punya kip tpi bukan kip kuliah
    Kip tersebut saya dapat sejak SD jadi apakah kip tersebut masih berlaku atau tidak?
    Dan apakah saya harus mendaftar kip kulia atau saya gunakan kip yg saya dapat dari SD dan tinggal di rubah di dinas sosial??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*