Tips Ampuh Mengatasi Grogi dan Rasa Takut Saat Harus Berbicara di Depan Kelas

Sharing for Empowerment

Ia menegaskan ada tiga hal yang terus dilatih agar pelajar atau mahasiswa tidak grogi saat harus tampil di depan kelas atau di depan umum. Tiga hal ini perlu dilatih terus-menerus supaya makin menjadi percaya diri dan bisa berbicara dengan baik dan lancar di depan umum. Ketiganya adalah:

1). Latih Mindset

Ada banyak hal yang membuat kalian grogi dan takut, salah satunya karena kalian belum bisa mengatasi bagaimana caranya mengubah mindset dari takut berbicara di depan umum menjadi berani.

Pertama-tama cara mengubah rasa takut jadi berani, yakni pola pikir kalian yang harus diubah. Contoh, ketika mau berbicara di depan umum, timbul perasaan nggak bisa hingga takut. Ini salah satunya karena kurang persiapan.

“Kalau kita mau berbicara di depan umum maka perlu yang namanya latihan. Banyak latihan akan menjadi terbiasa. Kalau kita bicara otak, ada brain memory dan muscle memory. Nah, kalau untuk berbicara itu, yang kita latih adalah muscle memory,” tegasnya.

Ia menjelaskan muscle memory ini bisa dengan latihan sebanyak mungkin. Latihannya bisa dimana saja: bisa di depan kaca, bisa latihan ngomong di kamar mandi, latihan ngomong saat berkendara, bisa latihan pada orang dekat atau latihan bicara dengan apa pun.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*