Tips Ampuh Mengatasi Grogi dan Rasa Takut Saat Harus Berbicara di Depan Kelas

Pakar Public Speaking, Motivator sekaligus penulis buku “The Art of Power Speech“, Leonard Haryadi
Pakar Public Speaking, Motivator sekaligus penulis buku “The Art of Power Speech“, Leonard Haryadi (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tidak sedikit pelajar dan mahasiswa yang takut dan grogi saat harus berbicara di depan kelas atau harus tampil di depan umum. Istilah kerennya untuk hal ini adalah demam panggung (glossophobia). Nah, kalau kalian merasakan ciri-ciri di bawah ini, berarti sedang takut, cemas dan grogi.

Ciri-ciri umum yang dirasakan yakni lutut terasa lemas, perut menjadi mual, jantung berdebar-debar, telapak tangan berkeringat, sulit mengeluarkan kata, nafas terasa sesak, keluar keringat dingin, tubuh mulai bergetar hingga otot mulai tegang dan masih banyak lagi.

“Faktanya, grogi dan rasa takut yang demikian itu sangat wajar, karena hampir dialami oleh banyak orang di dunia. Karena wajar, tentu bisa diatasi,” tegas Pakar Public Speaking dan Motivator, Leonard Haryadi pada KalderaNews di acara “Gathering Trainer, Motivator dan Temu Penulis” di Posto Dormire Hotel Jakarta baru-baru ini.

BACA JUGA:

Leonard Haryadi, penulis buku “The Art of Power Speech“, menjadi salah 1 dari 7 penulis yang meluncurkan bukunya masing-masing secara estafet di acara ini. Keenam penulis lainnya adalah Wasito Adi “Kekuatan Relasi“, Hatorangan P “Being Happy with Balance“, Feri Lasman “Sincerity Service Recovery“, Muljono “Persiapan Pensiun Bahagia dan Sejahtera“, dan Bagus Putu Fabio “Hikmah.Logy“ dan Dr.Ir. Darhamsyah, M.Si “Enjoy Life with Eco-Life”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*