Menyusuri Jejak Juang Emansipasi Kartini di Jepara

Gerbang Museum R.A.Kartini di Jepara, Jawa Tengah. (Ist.)
Gerbang Museum R.A.Kartini di Jepara, Jawa Tengah. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JEPARA, KalderaNews.com – Bangunan itu masih berdiri kokoh di sebelah barat kompleks perkantoran Pemda Jepara, Jawa Tengah. Gedung yang berlokasi di Jalan Alun-Alun No.1 berdiri di lahan seluas 5210 meter persegi.

Di dalam bangunan itulah, kamu bisa menelusuri jejak-jejak perjuangan R.A. Kartini, pahlawan nasional yang dikenal sebagai pejuang emansipasi perempuan Indonesia. Gedung itulah Museum R.A. Kartini. Museum ini menjadi penanda penghormatan bangsa bagi R.A.Kartini.

BACA JUGA:

Pendirian museum ini bermula dari usulan para anggota DPR dan bantuan Presiden RI Soeharto. Museum R.A.Kartini didirikan pada 30 Maret 1975 di kampung halamannya, Jepara. Museum tersebut diresmikan dua tahun kemudian, pada 21 April 1977, menjadi peringatan menjelang seabad R.A.Kartini.

Museum ini dikelola Pemerintah Kabupaten Jepara. Museum ini menyajikan beragam benda-benda peninggalan Kartini, dan juga kakaknya R.M.P. Sosrokartono. Selain itu ada pula koleksi warisan budaya kuno yang ditemukan di daerah Jepara dan sekitarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*