AS Umumkan Remdesivir Ampuh untuk Pengobatan Covid 19

Dr Anthony Fauci (VoA)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Dalam sebuah pengumuman di Gedung Putih, Washington, Kepala US National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID), Dr. Anthony Fauzi, mengatakan sebuah obat eksperimental telah terbukti efektif dalam perawatan pasien Covid-19.

Obat tersebut adalah Remdesivir, yang beberapa waktu lalu sudah diklaim oleh China sebagai obat yang efektif, namun ditolak oleh karena bukti yang tidak cukup.

“Remdesivir dengan jelas memiliki dampak positif yang signifikan dalam mempersingkat waktu pemulihan,” kata Fauci kepada para wartawan di Ruang Oval Gedung Putih. “Obat tersebut dapat membendung virus ini,” lanjut dia.

Fauci mengatakan eksperimen internasional secara acak telah dilangsungkan di institut yang dipimpinnya mulai 21 Februari lalu terhadap ratusan pasien.

BACA JUGA:

Waktu pemulihan bagi pasien yang diberikan obat tersebut adalah 11 hari sedangkan yang diberikan placebo adalah 15 hari, menurut keterangan NIAID.

“Kapan pun Anda menemukan bukti yang jelas tentang berfungsinya sebuah obat, Anda memiliki kewajiban etis untuk segera memberitahu mereka yang berada di kelompok yang diberikan placebo, sehingga mereka memiliki akses, dan seluruh percobaan yang sudah berjalan kini memiliki standar perawatan yang baru,” kata Fauci, dikutip dari Voice of America.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*