7 Cara Baru Milenialis Rayakan Hardiknas Saat Pandemi Covid 19

Logo Hari Pendidikan Nasional 2020. (repro: y.prayogo/kalderanews.com)
Logo Hari Pendidikan Nasional 2020. (repro: y.prayogo/kalderanews.com)

JAKARTA, KalderaNews.com — Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei tahun ini dirayakan di tengah pandemi Covid 19. Dapat dipastikan sebagian besar cara-cara perayaan yang lazim, tak dapat diselenggarakan. Termasuk upacara bendera, perayaan dan lomba yang mengharuskan kehadiran banyak orang.

Namun para milenialis tak perlu kecewa. Kamu yang tetap ingin mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukur di hari yang bersejarah ini, dapat memilih cara sendiri untuk merayakannya. Berikut ini delapan cara unik yang dapat dilakukan.

1. Mengikuti upacara bendera virtual.
Walaupun upacara bendera di sekolahmu ditiadakan, bukan berarti kamu kehilangan kesempatan sama sekali untuk dapat mengikuti upacara, termasuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kementerian Pendidikan melalui channel youtube resminya tetap menyelenggarakan upacara bendera pada 2 Mei 2020 pukul 08:00. Kamu dapat mengikutinya dari rumah dengan menyaksikannya lewat siaran langsung channel Youtube Kemendiknas dan saluran TV Edukasi.

2. Sapa guru dan ucapkan terimakasih atas didikannya.
Setiap Hardiknas ada sejumlah guru yang mendapat penghargaan. Baik dari pemerintah maupun dari lembaga-lembaga tertentu. Mereka mendapat penghargaan karena pengabdiannya.

BACA JUGA:

Namun, lebih banyak lagi guru yang tidak mendapatkannya, meskipun jasa dan pengabdiannya mungkin tak kalah daripada mereka yang memperoleh penghargaan. Kamu dapat menjadikan gurumu merasa lebih berharga, sama dengan para guru-guru pemenang itu, dengan menyapa mereka. Kamu dapat menyapa lewat WA, email atau bahkan menelepon mereka.

Tidak pula harus guru yang masih mengajarmu di kelasmu sekarang. Pernah terpikir untuk menelepon gurumu ketika masih di Sekolah Dasar?

Ucapan selamat dapat juga kamu lakukan dengan membuat poster ucapan terimakasih. Kamu dapat membuat foto dirimu dengan poster tersebut dan unggah di media sosialmu. “Terimakasih untuk Pak Guru Siburian,” misalnya. Kamu pasti akan membuat para gurumu bangga.

3. Masih ingat para staf dan petugas kantin di sekolahmu yang dulu? Pendidikan bukan hanya tentang guru. Ada banyak orang yang bekerja di balik layar, yang mendukung pendidikanmu. Kamu juga dapat menyapa mereka, bila kamu masih dapat menemukan nomor kontak mereka. Ibu penjaga kantin, petugas administrasi, atau bahkan supir jemputan sekolah. Ucapkan selamat hari pendidikan nasional dan katakan betapa bangganya kamu pernah mendapat dukungan dari mereka.

4. Bersolidaritas kepada teman-teman yang membutuhkan.
Tahukah kamu apa yang diperjuangkan Ki Hajar Dewantara, yang hari ulang tahunnya dijadikan Hadiknas? Ia memperjuangkan kesempatan yang sama bagi semua orang untuk menempuh pendidikan, tanpa memandang perbedaan apa pun. Tidak pandang bahwa dia anak priyayi, anak pejabat, atau anak orang Belanda tulen.

Di Hardiknas ini kamu dapat mengingat kembali spirit Ki Hajar Dewantara itu dengan bersolidaritas kepada teman milenialismu yang masih harus berjuang untuk mendapatkan kesempatan bersekolah. Bila kamu ingin berdonasi memberikan beasiswa, misalnya, ada banyak lembaga yang menampung donasi sedemikian. Kamu juga dapat mengirimkan buku-buku ke sekolah-sekolah terpencil. Ada banyak lembaga yang bersedia menampung buku-buku yang akan kamu donasikan itu.

5. Sosialisasikan anjuran pemerintah.
Tema Hardiknas kali ini adalah Belajar dari Covid 19. Ada banyak hal yang berubah setelah pandemi Covid 19 ini berlangsung. Cara belajar kamu berubah. Cara berinteraksi dengan sesama teman juga berubah. Bahkan cara hidup sehari-hari, banyak berubah. Termasuk dengan keharusan untuk menjaga jarak fisik (physical distancing), mencuci tangan dan belajar dari rumah.

Kamu dapat merakayan Hardiknas dan mendukung tema ini dengan mengingatkan lagi teman-temanmu untuk tidak nongkrong, untuk rajin mencuci tangan dan untuk tetap giat belajar dari rumah.

6. Sapa teman yang berpuasa.
Mumpung ini bulan Ramadan, Hardiknas juga dapat kamu jadikan untuk menjalin solidaritas dengan sesama teman yang berpuasa. Atau jika kamu tidak berpuasa, ini juga saat yang baik untuk memberi dukungan kepada yang berpuasa. Sapa mereka dan katakan hari ini adalah hari yang spesial. Selamat berpuasa dan selamat merayakan Hardiknas.

Tahun lalu ada sebuah foto yang sangat viral yang menunjukkan dua orang siswi madrasah berpelukan dengan seorang siswi sekolah Kristen di saat Hardiknas. So sweet bukan?

7. Tunjukkan hasil pendidikanmu.
Hardiknas biasanya adalah ajang unjuk kebolehan, sebagai apresiasi atas hasil didikan yang telah kamu terima. Walaupun tidak ada lomba, kamu masih bisa unjuk kebolehan, misalnya dengan membuat video singkat untuk menunjukkan kebolehanmu itu. Bagikan di akun medsosmu atau akun grup sekolahmu.

Lebih seru lagi bila kamu dapat mendorong teman-temanmu melakukan hal serupa. Misalnya, unjuk kemampuan bermain biola? Membaca puisi? Menari? Atau stand up comedy?

Selamat mencoba.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*