Saintis CMU Ciptakan Sistem Komputer Otomatis Ubah Kalimat Kasar Menjadi Santun

Sharing for Empowerment

“Ini bukan hanya tentang membersihkan kata-kata buruk,” kata Prabhumoye tentang prosesnya. Awalnya, sistem memiliki kecenderungan untuk hanya menambahkan kata ke kalimat, seperti “tolong” atau “maaf.” Jika “Tolong bantu saya” dianggap sopan, sistem menganggap “Tolong, tolong, tolong bantu saya” lebih sopan lagi.

Namun seiring waktu sistem penilaian menjadi lebih realistis dan perubahannya menjadi lebih halus. Kata ganti orang pertama tunggal, seperti saya (I), saya (me) dan saya (mine), digantikan oleh kata ganti jamak orang pertama, seperti kita (we), kita (us) dan kita (our). Dan alih-alih selalu memposisikan “tolong” di awal kalimat, sistem yang dikembangkan ini mulai belajar memasukkannya di tengah kalimat: “Bisakah Anda mengirimi saya file?”

Prabhumoye mengatakan para peneliti telah merilis himpunan data yang sudah mereka beri tanda sopan/santun, untuk digunakan oleh peneliti lain. Mereka berharap dapat mendorong sesama kolega peneliti untuk mempelajari topik itu lebih lanjut. (Sumber: Carnegie Mellon University/cmu.edu)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*