Sih Natalia, Mahasiswi Sorbonne University Prancis: Kuliah di LN Bukan Piknik

Sharing for Empowerment

Natalia yang adalah dosen Fakultas Ilmu Komuniasi UKSW itu mengatakan ia sering bertemu dengan anak-anak muda yang berkata ingin sekolah di luar negeri dan ingin kuliah di Prancis. Namun, sering tidak dapat menjawab apa tujuannya ingin kuliah di luar negeri.

“Kadang-kadang lupa, ada yang bilang ‘aku ingin sekolah di Prancis.’ Yang saya tanya kepadanya adalah ‘kamu pengen jadi apa. Goal kamu apa, pengen sekolah ke Prancis. Habis itu mau ngapain,'” kata dia, yang dalam webinar ini memberi judul paparannya, My Ph.D Diary.

Kuliah di Prancis, berdasarkan pengalaman Natalia maupun hasil dari percakapannya dengan teman-teman sesama mahasiswa di sana, membutuhkan persiapan mental yang kuat. “Sebab akan up and down banget,” kata dia.

“Saya dengar dari teman-teman yang sudah masuk tahun kedua di sini, mereka stres, bagaimana mereka sudah mengerjakan tugas siang dan malam tetapi berhadapan dengan dosen yang bilang (lain). Nah, kalau kita tidak punya grand goal yang mau kita raih, ini menjadi riskan sekolahnya. Sehingga jika ingin sekolah di luar negeri, apa sih yang mau diambil? Goalnya apa?,” kata Natalia, yang memulai kuliahnya di Prancis pada November tahun lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*