Sih Natalia, Mahasiswi Sorbonne University Prancis: Kuliah di LN Bukan Piknik

Sharing for Empowerment

Bila sudah menemukan tujuan, kata Natalia, barulah persiapan untuk kuliah di luar negeri dilakukan. Pilihan mengenai jurusan dan universitas, ditentukan berdasarkan tujuan tersebut. Dalam hal ini, passion sangat penting. “Setiap orang pasti punya. Itu yang harus kita kejar. Itu yang akan membuat kita punya energi berjuang. Sekali lagi, saya tekankan studi itu bukan hanya pikinik,” kata Natalia.

Selanjutnya, untuk mahasiswa program S3 seperti dirinya, kata Natalia, persiapan lain yang harus dilakukan dengan serius ialah membuat proposal penelitian yang benar-benar kuat. Ini tidak diherankan karena program S3 di Prancis sangat menekankan riset.

“Kita harus benar-benar mempersiapkan ini. Profesor kita tidak akan bisa dibohongi kalau kita tidak punya track penelitian atau CV yang jelas. Proposal kita harus kuat karena ia merupakan hal yang benar-benar milik kita yang tidak bisa dicuri. Jadi kalau mau studi S3 track penelitiannya sudah harus dibangun. Tidak bisa dalam tempo bulanan. Karena profesor akan melihat dari track atau CV kita,” kata Natalia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*