Sih Natalia, Mahasiswi Sorbonne University Prancis: Kuliah di LN Bukan Piknik

Sih Natalia Sukmi, mahasiswa Ph.D Sorbonne University, Prancis. (Youtube)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com — Menempuh studi di luar negeri, apalagi diterima di universitas bergengsi seperti Sorbonne University, Prancis, tentu sangat membanggakan. Namun, kebanggan itu bukan merupakan tujuan apalagi akhir dari perjalanan.

Seseorang yang memutuskan untuk menempuh kuliah di luar negeri, sedari awal sudah harus merumuskan apa tujuannya setelah selesai nanti kuliah dan apa yang akan dicapai.

“Hal itu penting karena akan mempengaruhi persiapan dan perjalanan studi kamu. Sebab harus diingat, sekolah (di LN) itu bukan piknik, yang hanya dijalani satu minggu. lalu setelah kita merasa fresh, bisa kembali ke kehidupan nyata kita. Sekolah itu bagian dari hidup kamu. Dia adalah kehidupan itu sendiri,” kata Sih Natalia Sukmi, mahasiswa Ph.D Ilmu Komunikasi di Sorbonne University, Paris. dalam webinar bertajuk “Studi di Prancis” yang diikuti puluhan mahasiswa dan civitas akademika Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), 29 Juni lalu.

BACA JUGA:

Webinar yang diselenggarakan Warung Prancis UKSW ini juga menghadirkan Penanggung jawab Campus France Yogyakarta, Andraine Arkenzi Febreinza sebagai narasumber. Rekaman webinar tersebut dapat disaksikan lewat channel Youtube Warung Prancis UKSW.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*