Menristek Dorong Masjid Istiqlal Jadi Pusat Peradaban Islam yang Memanfaatkan Teknologi

Masjid Istiqlal Jakarta. (Ist.)
Masjid Istiqlal Jakarta. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional mengatakan, fungsi masjid tak hanya sebagai tempat beribadah. Ia juga menjadi pusat peradaban Islam yang menguasai teknologi, terutama teknologi yang bermanfaat bagi umat Islam serta bagi pengembangan ekonomi dan kehidupan sosial.

BACA JUGA:

Hal itu Profesor Bambang Soemantri Brodjonegoro saat meresmikan sarana Air Siap Minum (Arsinum) di lobby Al Fattah Masjid Istiqlal. Arsinum merupakan bentuk dari penguasaan teknologi air minum yang selama ini belum diterapkan.

“Teknologi harus kita kuasai sehingga nantinya masjid-masjid dan rumah tangga sudah harus mulai menerapkan teknologi air siap minum dengan teknologi reverse osmosis yang dapat mengubah air apapun menjadi air siap minum. Saya pernah melihat air yang berasal dari gambut berwarna hitam pekat. Setelah menggunakan teknologi ini, airnya langsung bisa dikonsumsi,” ujar Menteri Bambang.

Selain fasilitas Arsinum, dalam acara tersebut juga disepakati Nota Kesepahaman antara BPPT dengan Masjid Istiqlal tentang pengolahan sampah dan limbah masjid. Efisiensi penggunaan listrik juga segera ditangani agar tagihan listrik tidak semakin besar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*