Aneka Upaya Bantu Siswa Belajar Online, Dari Beli 428 Tablet Sampai Gunakan Radio Komunitas

Ilustrasi: Beragam upaya agar siswa bisa belajar secara daring. (Ist.)
Belajar secara daring (KalderaNews/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ada beragam upaya banyak pihak untuk membantu para siswa belajar secara online selama pandemi Covid-19 ini. Seperti yang dilakukan sebuah SMP di Makassar, Sulawesi Selatan yang memborong tablet untuk dibagikan kepada para siswanya.

BACA JUGA:

Adalah SMP Negeri 6 Makassar yang membeli 428 tablet. Tablet ini diadakan untuk mendukung proses belajar mengajar dari rumah.

Kepala SMP Negeri 6 Makassar, Munir mengatakan, sekolah telah menganggarkan dana melalui Bantuan Operasional Siswa (BOS) Kinerja. Selain untuk membeli tablet, dana tersebut juga untuk pengadaan komputer, laptop, dan perangkat penyimpanan digital.

“Semua itu diperuntukkan bagi siswa kita dalam rangka belajar di rumah apalagi sekarang ini di tengah pandemi Covid-19,” kata Munir.

Dalam masa pendemi ini, di mana pembelajaran masih dilakukan secara daring memang membutuhkan kreativitas kebijakan. Dana BOS bisa menjadi alternatif bagi sekolah untuk membantu siswanya belajar secara daring. Entah untuk membeli perangkat keras seperti yang dilakukan SMP Negeri 6 Makassar, atau bisa juga untuk memberikan fasilitas kuota internet bagi siswa.

Cara yang lain juga dilakukan Paguyuban Bintaran Bersatu di Bintaran Kidul, Kelurahan Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta. Paguyuban ini memasang WiFi di beberapa titik kampung agar anak-anak bisa tetap belajar secara daring.

Sementara, SDN 01 Tegalontar, Sragi, Pekalongan, Jawa Tengah memilih menggunakan radio komunitas sebagai sarana pembelajaran secara daring. Penggunaan radio komunitas ini telah berlangsung sejak 26 Juni 2020.

Nah lain lagi di kampung Cilimushideung, Desa Mekarsari, Cibatu, Garut, Jawa Barat. Warga kampung ini juga membuat kampung internet untuk membantu anak-anak belajar secara online.

Kamu punya pengalaman menarik selama proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini? Yuk share di sini!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*