Bakal Ada Kejutan, Inilah Kandidat yang Diunggulkan Sabet Nobel Perdamaian 2020

Sharing for Empowerment

Sejak hadiah Nobel pertama diberikan pada tahun 1901, memang Nobel Perdamaian belum pernah diberikan pada hal-hal yang terkait dengan kebebasan informasi.

Tapi waktunya mungkin telah tiba, kata para ahli dengan menyebut Reporters Without Borders (dikenal dengan singkatan bahasa Prancis RSF) dan Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) yang berbasis di AS sebagai pemenang yang mungkin menjadi pemenang.

Para juru kampanye iklim juga berkeyakinan 13 tahun setelah panel penasihat ilmu iklim PBB IPCC dan mantan wakil presiden AS Al Gore menang, aktivis remaja Swedia Thunberg bisa juga memenangkan Nobel Perdamaian secara pribadi atau pun aktivis lainnya atau dengan gerakan “Fridays for Future” miliknya.

Apalagi, sudah ada 4 perempuan yang dimahkotai tahun ini dengan sebuah Nobel alias lebih dari biasanya mendekati rekor 2009 dengan lima pemenang perempuan yakni, Kamis kemarin penyair Amerika Louise Gluck memenangkan Nobel Sastra 2020, Emmanuelle Charpentier dari Prancis dan Jennifer Doudna dari AS berbagi Nobel Kimia 2020 pada Rabu dan Andrea Ghez dari AS berbagi Nobel Fisika 2020 dengan dua rekannya yang pria pada Selasa lalu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*