Bakal Ada Kejutan, Inilah Kandidat yang Diunggulkan Sabet Nobel Perdamaian 2020

Sharing for Empowerment

Akankah Thunberg, gadis berusia 17 tahun ini bergabung dengan para perempuan di atas karena harus diakui ia telah meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya pemanasan global dan memobilisasi jutaan pemuda di seluruh planet ini.

“Perubahan iklim dalam jangka panjang jauh lebih serius daripada Covid-19,” kata sejarawan Nobel Asle Sveen seperti dilansir dari AFP.

Kalau ia dianugerahi Nobel Perdamaian 2020, tentu saja ia akan menjadi peraih Nobel termuda kedua dalam sejarah, tepat di belakang aktivis Pakistan Malala.

Saat dunia dihadapkan pada pandemi Covid-19, lima anggota komite Nobel juga dapat memilih untuk mendukung upaya multilateral yang berlawanan dengan tren nasionalistik dalam memerangi virus dengan memilih Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), meskipun selama ini ada banyak kritik pada WHO.

Tahun lalu sendiri Nobel Perdamaian diberikan kepada Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed atas upayanya untuk mengakhiri kebuntuan 20 tahun pascaperang dengan Eritrea, meski kini negaranya menghadapi kekerasan antar etnis dan tindakan keras polisi terhadap protes anti-pemerintah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*