Ssst.. Inilah 5 Hal Tentang Asal Usul Penghargaan Nobel yang Tak Banyak Diketahui Orang

Ilustrasi Hadiah Nobel (KalderaNews/Ist)
Ilustrasi Hadiah Nobel (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Acara anugerah Nobel 2020 berlangsung pada 5 Oktober hingga 12 Oktober 2020. Acara ini diinisiasi oleh Alfred Nobel pada 1901. Sejak saat itu, hadiah Nobel telah dianugerahkan kepada pria, wanita dan organisasi yang karyanya telah membawa kemajuan besar bagi umat manusia. Inilah 5 hal yang perlu diketahui tentang Nobel dan asal usulnya.

Pernah Jadi Penghargaan Anumerta

Sejak 1974, statuta Yayasan Nobel menetapkan bahwa penghargaan tidak boleh diberikan secara anumerta. Anumerta pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah penghargaan kepada orang berjasa sesudah orangnya meninggal.

BACA JUGA:

Namun, seseorang dapat dianugerahi kehormatan jika dia meninggal antara waktu pengumuman pada bulan Oktober dan upacara hadiah resmi pada bulan Desember.

Sebelum perubahan, hanya dua orang yang memenangkan Nobel secara anumerta. Salah satunya adalah Dag Hammarskjold, sekretaris jenderal Swedia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 1961, tetapi dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun yang sama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*