6 Pesan Buat Penerima Beasiswa LPDP, Rionald Silaban: Kalian Orang-orang Berutang

Sharing for Empowerment

4. Indonesia Tunggu Pemikiran, Bukan Kehilangan

Ia mengibaratkan awardee LPDP merupakan orang yang berutang. Bukan dari segi nominal, melainkan balas budi kepada tanah air Indonesia. Ketika awardee sudah tanda tangan kontrak, maka sejatinya mereka sudah sepakat dengan kewajibannya.

“Bagi saya ini bukan soal nominal. Satu, kalian berhutang kepada bangsa ini. Betul keluar uang, tetapi yang paling penting ialah pulang ke Indonesia, lalu kontribusi. Negara ini, bangsa ini, nunggu kamu 4 tahun. Kita ingin Indonesia memperoleh pemikiran-pemikiran, bukan kehilangan pemikiran,”

Ia meminta awardee dan alumni LPDP untuk selalu pikir masak-masak ketika ingin berbuat sesuatu. Mereka terus membawa nama lembaga, meskipun sudah lulus.

“Apapun kamu, kamu adalah alumni LPDP. Jadi kalau kalian melakukan sesuatu, please do consider! Ada kemungkinan kamu sebagai alumni bisa mempengaruhi persepsi orang lain. Orang akan melihat apa, sih dampaknya LPDP,” ujarnya saat memberikan pengarahan.

5. Bijak Ketika Bertindak

Di dalam hidup ini nanti ada momen-momen penting. Kebebasan berpendapat adalah sesuatu yang dijamin oleh Undang-Undang. Hanya, yang disayangkan ketika berubah menjadi kekerasan dan merusak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*