9 Cara Sederhana Kenalkan Pendidikan Anti Korupsi Kepada Anak

Ilustrasi: Pendidikan anti korupsi harus dimulai di dalam keluarga. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Pendidikan anti korupsi harus dimulai di dalam keluarga. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kasus korupsi kembali menyeruak di Indonesia. Memang, berita tentang korupsi bukanlah hal baru di Indonesia. Sudah terlalu banyak kasus korupsi yang terjadi.

Tentu, kita semua tak setuju dengan tindak korupsi. Untuk itu diperlukan aneka upaya dari berbagai pihak untuk melakukan pendidikan untuk melahirkan generasi anti korupsi. Dan, keluarga menjadi salah satu rumah pendidikan anti korupsi sejak dini.

BACA JUGA:

Nah, inilah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan orangtua untuk mengenalkan pendidikan anti korupsi untuk anak-anak:

Belajar jujur dan tidak curang

Kejujuran atau sikap lurus hati, tidak berbohong, dan tidak curang amat penting untuk dibangun sedini mungkin. Misal, ajari anak untuk tidak mengambil sesuatu milik orang lain, biasakan meminta ijin sebelum meminjam. Selain itu, ajari anak tidak mencontek, tumbuhkan kebanggaan saat ia berhasil dengan upaya sendiri. Anak juga mesti dibiasakan berkata jujur dengan bercerita secara terbuka, ajari mengakui kesalahannya, dan selalu tepati janji pada anak. Berilah apresiasi dan rasa bangga kepada anak ketika berhasil melakukan sesuatu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*