Langkah Jitu Atasi Motor Mogok Karena Banjir

Ilustrasi Motor Mogok Akibat Banjir (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Motor Mogok Akibat Banjir (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hujan yang terus turun beberapa waktu terakhir membuat banjir sejumlah wilayah di Jakarta. Selain merendam rumah warga, banjir yang muncul juga membuat kendaraan seperti motor sering kali mogok saat melewati jalan yang terendam.

Jika motor terlanjur mogok, apa yang harus dilakukan? Melansir situs resmi Honda, berikut solusi tepat atasi motor mogok akibat banjir:

BACA JUGA:

1. Jangan Panik dan Paksa Motor

Motor yang tiba-tiba berhenti di tengah jalan tentu membuat Anda panik dan jengkel. Tetap tenang, segera turun dari motor dan menepi ke tempat yang lebih aman agar tidak mengganggu penguna jalan lain.

Dalam kondisi ini jangan pernah langsung memaksakan motor kembali hidup karena potensi kerusakan mesin justru semakin besar.

2. Cek Busi

Setelah menepi ke tempat aman, segera cek busi pada motormu. Lepaskan busi dari motor dengan kunci busi dan keringkan menggunakan kain/kanebo yang bersih dan kering. Cara lain, Anda juga bisa menggunakan pelumas semprot motor serbaguna untuk memisahkan busi dari air.

Jika tidak ada pelumas, setelah dikeringkan coba kick start motormu tanpa busi terpasang dan lakukan beberapa kali. Terakhir, pasang kembali busi motor yang telah kering. Jika motor kembali hidup, Anda bisa langsung mengikuti langkah terakhir di nomor 5.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*