Langkah Jitu Atasi Motor Mogok Karena Banjir

Sharing for Empowerment

3. Periksa Filter Karburator

Jika melepas dan mengeringkan busi belum membuat motormu nyala, cobalah periksa filter karburator. Perlu diketahui, filter harus selalu kering agar saluran bensin motor tidak tercampur air dan menghambat pembakaran mesin.

4. Cek Knalpot Motor

Langkah keempat yang dapat dicoba jika motor mogok adalah cek knalpot motor. Sama seperti filter karburator, knalpot harus bersih dari air agar pembuangan gas dapat berjalan maksimal.

Biasanya, salah satu penyebab motor mogok adalah kurangnya gas saat melewati daerah banjir sehingga knalpot justru menghisap air. Untuk mengatasinya, coba istirahatkan motor dengan standar tengah lalu posisikan knalpot lebih rendah dari pangkalnya agar air dapat keluar.

5. Panaskan Motor

Usai melakukan semua langkah di atas, sekarang coba nyalakan kembali motormu dengan kick start dalam posisi kontak mati. Lakukan beberapa kali dengan mencoba manual dan kick start motor.

Jika motor berhasil hidup, jangan langsung digunakan kembali ya! Tunggu beberapa menit sampai suhu motor optimal dan untuk mencegah motor kembali mogok di tengah jalan. Selamat mencoba!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*