9 Fakta dan Sejarah Hadiah Nobel yang Mendunia

Sharing for Empowerment

Pertentangan di Balik Wasiat

Secara resmi wasiat Nobel ditandatangani pada 27 November 1895, satu tahun sebelum Nobel meninggal pada usia 63 tahun. Pesan wasiat Nobel tersebut tidak langsung dapat dilaksanakan karena mendapat pertentangan dari sanak keluarganya. Membutuhkan waktu empat tahun untuk meyakinkan semua pihak tentang keinginan Nobel ini.

Tidak Menikah

Semasa hidupnya, Alfred Nobel tidak menikah. Meskipun pernah ada rumor yang menyebutkan bahwa Hadiah Nobel ada karena kekecewaan Nobel terhadap istrinya yang berselingkuh, tetapi faktanya Nobel tidak menikah.

Harga Jual yang Tinggi

Salah satu penerima hadiah Nobel pernah menjual medalinya. Ilmuwan penemu struktur asam nukleat (DNA) yang menerima hadiah Nobel pada 1962 James Watson, melelang medali Nobel-nya untuk membangun laboratorium penelitiannya. Namun, tahun 2014, Watson. Menurut informasi dari The Guardian, medali tersebut berharga USD4,1 juta atau sekitar Rp56 miliar. Wah, mahal ya!

Bisa Menerima Lebih dari Satu Kali

Adalah hal keliru kalau ada anggapan bahwa satu orang hanya dapat menerima satu kali hadiah Nobel. Faktanya ada orang yang menerimanya lebih dari satu kali. Marie Curie, contohnya. Pakar fisika sekaligus kimia perempuan itu meraih hadiah Nobel sebanyak dua kali.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*