Kriminologi, Jurusan dengan Peluang Kerja Luas yang Tidak Banyak Dikenal

Ilustrasi: Pilih Jurusan Favorit
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jurusan Kriminologi di Indonesia belum terlalu terkenal seperti akuntansi, kedokteran atau teknik. Kriminologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tindak kriminal dan mencari cara terbaik untuk mengatasi kriminalitas tersebut.

Jurusan ini menarik karena mempelajari banyak hal seperti psikologi, sosiologi, politik, serta hukum dan jurnalistik sekaligus. Berdasarkan dasar keilmuan tersebut, mahasiswa di jurusan kriminologi  akan melakukan penelitian sosial untuk menganalisis faktor penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum.

BACA JUGA:

Istimewanya jurusan ini karena akan mempelajari tindak kriminal dari sudut panjang pelaku dan korban, termasuk aspek psikologisnya. Yang lebih istimewa lagi, di Indonesia hanya terdapat lima perguruan tinggi yang mempunyai jurusan ini dari jenjang S-1 hingga S-3.

Kelebihan lain belajar di jurusan ini dari aspek hukum adalah menelaah berbaga pelanggaran hukum dan pasal yang dilanggar. Selanjutnya akan menuliskan narasi berita kriminal yang berimbang. Tidak hanya itu, di jurusan ini pula mahasiswanya akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*