Awas Siklon Tropis Surigae, Waspadai Dampaknya di Beberapa Wilayah Ini

Mendung di langit Tangerang
Mendung di langit Tangerang (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menegaskan siklon tropis Surigae yang saat ini berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat tidak berpengaruh terhadap cuaca di wilayah Jabodetabek karena jaraknya yang jauh.

“Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di Samudera Hindia Barat Bengkulu, dan perlambatan angin di atas Banten-Jawa Barat,” terangnya pada Sabtu, 17 April 2021.

Dia menjelaskan, sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Bengkulu tersebut membentuk daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan barat Lampung hingga Samudra Hindia barat Lampung yang menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan disepanjang sistem sirkulasi siklonik dan disepanjang daerah konfluensi.

BACA JUGA:

BMKG juga memantau adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya yang memanjang dari perairan barat Aceh hingga Sumatra Utara bagian selatan, dari Teluk Bone hingga Sulawesi Barat bagian utara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*