Ilmu Astronomi, Jurusan Langka dengan 5 Prospek Kerja Menjanjikan




Ilustrasi: Hari Tanpa Bayangan. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Tanpa Bayangan. (KalderaNews.com/Ist.)

JAKARTA, KalderaNews.com – Ilmu astronomi adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang benda-benda langit dan fenomenanya. Jurusan ini termasuk jurusan yang tidak banyak diincar seperti jurusan MIPA lainnya.

Karena belum banyak diminati di Indonesia, jadinya peluang kerja lulusan ilmu astronomi tidak terlalu dikenal. Padahal jurusan ini, bila bekerja di luar negeri, akan mendapatkan apresiasi yang tinggi sehingga akan mendapatkan gaji yang besar pula.

Sebenarnya lulusan ilmu astronomi memiliki peluang kerja di banyak area. Tidak melulu hanya di bidang astronomi saja. Berikut ini lima bidang prospek kerja menjanjikan ilmu astronomi yang harus kamu tahu.

BACA JUGA:

Prospek di bidang media

Bila sejak masa kuliah kamu sudah menyukai dunia literasi dan tulis-menulis, maka peluang pertama setelah kamu lulus dari jurusan astronomi adalah menjadi jurnalis di media astronomi. Penulis untuk topik ini tidak banyak, jadi peluangmu untuk terus berkembang badi di media dalam negeri maupun luar negeri akan terbuka luas.

Prospek di bidang pendidikan

Prospek pekerjaan kedua untuk jurusan astronomi ini adalah menjadi pengajar atau dosen. Seorang pengajar akan selalu dituntut meningkatkan jenjang pendidikan dan keterampilan kompetensinya. Bila kamu orang yang menyukai tantangan di bidang astronomi, pekerjaan mengajar ini cocok untukmu.

Prospek di lembaga astronomi

Sasaran pertama para lulusan ilmu astronomi pastilah di jurusan lembaga ini. Di lembaga astronomi baik dalam maupun luar negeri, kamu akan bekerja sesuai ilmu dasarmu. Ini tentu menyenangkan.

Prospek di bidang programer

Seorang astronom akan selalu bekerja dengan komputer. Seluruh hal yang dilakukannya, pada masa kini, telah komputerisasi. Oleh karena itu seorang lulusan astronomi tentu lihai bila menjadi programer. Karena mereka juga akan menguasai dasar ilmu desain yang diperlukan dalam membuat program atau aplikasi.

Prospek bekerja di pemerintahan

Prospek ini pasti sangat disukai oleh kebanyakan orangtua. Menjadi aparatur sipil negara memberikan jaminan akan mendapatkan dana pensiun kelak. Lulusan ilmu astronomi dapat bekerja di lembaga astronomi milik pemerintah sebagai peneliti antariksa atau benda langit.

Lima bidang pekerjaan tersebut di atas hanya gambaran singkat. Ketika masuk menjadi bagian dari keilmuan astronomi, kamu tentu akan berjejaring dengan lembaga atau orang lain dan menemukan berbagai peluang pekerjaan bidang ini yang lebih menarik.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan bagi pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*